Sabtu, 02 April 2011

Disertasi 2

DISERTASI

Beberapa hari yll saya nguji disertasi. Ybs ingin membuktikan bahwa konsep muhsin dalam Al-Qur’an lebih dalam daripada teori hierarchy of needs-nya Maslow. Tetapi setelah bicara tentang teori Rogers dan Maslow dalam Bab II, ybs tidak pernah menyinggung lagi teori itu dalam bab-bab selanjutnya apalagi “kedekatannya” dengan term muhsin. Itu saya rasakan ibarat badan yang diberi kepala, tetapi terkesan kepala itu tidak cocok baginya. Dalam ujian ybs menyatakan bahwa analisis seperti itu tidak perlu dilakukan. Tetapi apakah iya ada pernyataan tesis boleh tidak dibuktikan dalam uraian disertasi?

Dalam tesis juga dinyatakan “antara tafsir dan psikologi humanistik dalam disertasi ini memiliki kedekatan dan kesamaan dengan upaya mewujudkan psikologi Islam yang dilakukan oleh pakar psikologi domestik seperti Jamaluddin Ancok, Hanna Djumhana Bastaman, dan Fuad Anshari”. Tetapi nama-nama itu tidak pernah disebut dalam disertasi. Ketika ini saya tanyakan, ybs menyatakan bahwa pembahasan mengenai hal itu terdapat dalam Pendahuluan. Tetapi saya juga tidak menemukannya. Alhamdulillah ybs lulus dengan predikat “sangat terpuji” (kumloud). Pecundangkah saya?

Ciputat, 3 April 2011

Salman Harun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar