Minggu, 25 Desember 2011

SAFARI RAMADAN CAPE TOWN 2010 (5)

Kegiatan Safari Ramadhan 1431 H di Cape Town

07 September 2010

Pada Sabtu, 4 September 2010, Konsul Jenderal RI di Cape Town menyelenggarakan Acara Buka Puasa dan Sholat Tarawih bersama dengan para Anak Buah Kapal RI (ABK-RI) yang bekerja di kapal-kapal penangkap ikan, yang sedang bersandar di pelabuhan Cape Town.

Acara yang dihadiri oleh lebih dari 150 orang ABK-RI tersebut berlangsung di salah satu ruangan bengkel kapal di pelabuhan Cape Town. Selain Konsul Jenderal RI di Cape Town, acara tersebut juga dihadiri oleh seluruh Pejabat Fungsi dan Staf KJRI di Cape Town. Bertindak sebagai Imam dan Khatib dalam sholat berjamaah adalah Prof. DR. H. Salman Harun Ahmad Dosen dan Ahli Tafsir Alquran dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta, yang khusus didatangkan dari tanah air untuk mengisi kegiatan Safari Ramadhan.

Sekalipun acara tersebut diselenggarakan di ruangan bengkel kapal, namun karena dilaksanakan secara ikhlas dan dengan tujuan yang mulia, acara dapat berlangsung dengan sangat bermakna, yaitu memberikan siraman rohani kepada para ABK-RI yang karena pekerjaannya sangat memerlukan siraman dan santapan untuk rohani serta mentalnya.

Terkait kegiatan Safari Ramadhan di KJRI di Cape Town yang pelaksanaannya diawali pada hari Jumat, tanggal 14 Agustus 2010 yang lalu; Konsul Muda Bidang Sosial Budaya, Erry Kananga menginformasikan bahwa Konsul Jenderal RI di Cape Town sangat menaruh perhatian terhadap masalah Pembinaan Masyarakat RI serta Perlindungan WNI/BHI di wilayah kerjanya. Dalam kaitan itulah KJRI di Cape Town meluncurkan Program Safari Ramadhan yang dilaksanakan selama bulan suci Ramadhan 1431 H, dengan kegiatan berbentuk Buka Puasa dan Sholat Tarawih bersama yang diselenggarakan di Aula KJRI pada setiap hari Jum’at bagi para WNI Muslim termasuk ABK-RI yang berdomisili di Cape Town dan sekitarnya, serta kunjungan ke pelabuhan-pelabuhan yang merupakan kantong-kantong para ABK-RI , dilakukan setiap akhir minggu.

Kehadiran Prof. Salman Harun di Cape Town selama bulan Ramadhan ini sangat membantu KJRI di Cape Town dalam mengisi Program Kerjanya di beberapa bidang, yaitu terkait dengan Pembinaan Masyarakat RI serta Perlindungan WNI/BHI yang dilaksanakan oleh Fungsi Konsuler pada setiap hari Jumat di KJRI serta pada akhir pekan di beberapa pelabuhan yang menjadi konsentrasi para ABK-RI; sedangkan yang terkait dengan promosi sosial budaya dilaksanakan oleh Fungsi Sosbud melalui program kunjungan ke berbagai Mesjid, Pesantren dan beberapa Perguruan yang ada di wilayah kerja, dalam hal mana di tempat-tempat tersebut Prof. Salman Harun diundang sebagai pembicara yang membawakan substansi mengenai Kehidupan Masyarakat Islam di Indonesia serta Praktek Kerukunan Beragama di Indonesia. Selain itu, juga melalui wawancaranya dengan beberapa media, baik media cetak maupun radio.

Selanjutnya, pada Hari Minggu, tanggal 5 September 2010, bertempat di Wisma Indonesia, Konsul Jenderal RI di Cape Town telah pula menyelenggarakan Acara Buka Puasa dan Tarawih Bersama dengan para Tokoh di Cape Town. Acara yang berlangsung sederhana namun bermakna tersebut menghadirkan 10 tokoh muslim dari berbagai kalangan (beserta isteri/suami), yaitu Ketua dan beberapa anggota Parlemen Daerah; Ulama (Moslem Judicial Council/ MJC); Sivitas Akademika; Pengusaha/CEO; LSM dan Jurnalis.

Puncak kegiatan Safari Ramadhan akan dilaksanakan pada Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1432 H yang diperkirakan jatuh pada hari Jumat tanggal 10 September 2010, melalui penyelenggaraan Sholat Idul Fitri yang diselenggarakan di Aula KJRI di Cape Town, dengan Imam dan Khotib Prof. DR. H. Salman Harun Ahmad. Diharapkan, Sholat Idul Fitri tersebut dapat mengakomodasi seluruh Masyarakat RI (muslim) yang berdomisili di Cape Town dan sekitarnya yang ingin menunaikan Sholad Idul Fitri bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar