Minggu, 25 Desember 2011

SAFARI RAMADAN CAPE TOWN 2010 (6)

Pertama Kali Gema Takbir Dikumandangkan di KJRI Cape Town

13 September 2010

Pada hari Jumat, 10 September 2010, masyarakat muslim Indonesia yang berdomisili di Cape Town dan sekitarnya berduyun-duyun menuju KJRI Cape Town di 124 Rosmead Avenue untuk menunaikan ibadah Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1431 H yang diselenggarakan di Gedung KJRI Cape Town, yang dibeli oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tahun 2008.

Sholat Idul Fitri tersebut selain merupakan puncak kegiatan Safari Ramadhan 1431H di Cape Town, juga merupakan Sholat Idul Fitri pertama yang dilaksanakan oleh masyarakat muslim Indonesia di Cape Town dan sekitarnya, di Gedung KJRI di Cape Town.

Keputusan untuk menyelenggarakan sholat Idul Fitri di KJRI diambil oleh Konsul Jenderal RI di Cape Town, sejak menjelang bulan Ramadhan 1431 H, tepatnya setelah menyimak bahwa dalam melaksanakan ibadah Sholat Hari Raya Idul Fitri selama ini para pejabat dan staf KJRI serta masyarakat muslim Indonesia terpencar di beberapa masjid yang berada di Cape Town dan sekitarnya, padahal Pemerintah RI telah membeli gedung dengan fasilitas aula luas di tingkat pertama yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan yang berkaitan dengan masalah pembinaan dan perlindungan WNI/BHI di wilayah kerjanya. Sehubungan dengan hal ini, Konsul Jenderal RI secara khusus mengundang Prof. Dr. H Salman Harun Ahmad, Dosen dan Ahli Tafsir Alquran dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk mengisi kegiatan Safari Ramadhan 1431 di Cape Town dan sekaligus menjadi Imam dan Chatib pada Sholat Idul Fitri.

Pada hari Kamis, 9 September 2010, setelah sholat isya, Konsul Jenderal RI beserta suami dan seluruh pejabat dan staf KJRI beserta keluarga, dengan dipimpin oleh Prof. Dr. H Salman Harun Ahmad, mengumandangkan takbir di KJRI hingga menjelang tengah malam, guna menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1431 H.

Kumandang takbir di KJRI Cape Town, dilanjutkan oleh masyarakat muslim Indonesia pada tanggal 10 September 2010 sejak jam 08:00 menjelang Sholat Idul Fitri.

Tepat jam 08:30 dipimpin oleh Prof. DR. H Salman Harun Achmad dengan khusyuk dan khidmat masyarakat muslim Indonesia termasuk para Anak Buah Kapal (ABK) RI yang bekerja di kapal-kapal penangkap ikan, yang kapalnya sedang bersandar di Pelabuhan Cape Town melakukan Sholat Idul Fitri.

Meskipun jauh hari sebelumnya pihak KJRI secara tertulis telah memintakan izin bagi para ABK agar mereka dapat merayakan Hari Idul Fitri bersama KJRI di Cape Town, namun mengingat Hari Raya tersebut jatuh pada hari kerja, maka tidak semua ABK dapat merayakan hari bahagia ini, karena adanya keberatan dari beberapa perusahaan yang mengelola kapal-kapal tempat para ABK bekerja.

Meski demikian, KJRI di Cape Town paling tidak telah dapat turut membahagiakan sekitar 100 ABK, yang secara khusus telah disediakan angkutan dari pelabuhan Cape Town ke KJRI, dimana setelah melakukan Sholat Idul Fitri untuk menunggu waktu halal bihalal di Wisma Konsul Jenderal, rombongan ABK tersebut sempat menikmati berwisata keliling kota Cape Town.

Selanjutnya bertempat di Wisma Konsul Jenderal RI di 56 Edinburgh Drive, Bishopscourt, Cape Town, pada pukul 13:00 seluruh masyarakat RI termasuk para ABK berhalal bihalal dengan Konsul Jendral RI beserta suami dan seluruh pejabat dan staf KJRI beserta keluarga yang dilanjutkan dengan jamuan makan siang bersama.

Menyadari bahwa KJRI di Cape Town merupakan satu-satunya Perwakilan Konsuler di Afrika Selatan dari Negara yang memiliki penduduk muslim terbesar di dunia, pada sore hari tanggal 10 September 2010 tersebut, Konsul Jenderal RI di Cape Town, Sugie Harijadi beserta suami telah menyelenggarakan open house untuk Consular Corp dan Friends of Indonesia. Nampak hadir dalam halal bihalal sore ini antara lain adalah Konsul Jenderal AS di Cape Town, Albertha G.J. Mayberry Ph.D; Konsul Jenderal Madagascar di Cape Town; Direktur UNHCR Wilayah Cape Town dan Baron & Baroness Baretzky, pengusaha berkebangsaan Belgia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar